Bahtera yang Benar

26 Nopember 2011

Baca: Kejadian 6:14–22

Alkitab dalam setahun: Yehezkiel 46–48

Mind Map Bahtera yang Benar

Mind Map Bahtera yang Benar

Seperti Nuh yang diperintahkan Tuhan membuat bahtera sesuai dengan ukuran dan bentuk yang dikehendaki-Nya, kita juga harus belajar untuk mengenal kebenaran yang memerdekakan dan menyelamatkan seperti yang dikehendaki-Nya. Kalau kita hanya memiliki keberagamaan yang tidak memuat kebenaran Injil yang murni, itu bukanlah bahtera yang dapat dijadikan sebagai penyelamat yang kokoh.

Kenyataan yang dapat kita lihat hari ini, banyak bahtera palsu yang ditawarkan sebagai jalan keselamatan. Bahtera palsu itu memang menarik bagi manusia modern yang duniawi, sehingga banyak orang masuk ke dalamnya, padahal tidak mampu membawa manusia kepada keselamatan yang benar. Itulah ajakan masuk bahtera tanpa pertobatan. Penganjur bahtera palsu adalah mereka yang menyampaikan berita berkat jasmani tanpa mengajarkan kebenaran, dan menjamin masuk surga itu mudah tanpa perlu mengubah gaya hidup. Tetapi seperti bahtera Nuh tidak menarik bagi orang-orang di zaman itu, bahtera yang benar adalah bahtera yang tidak disukai banyak orang, karena syarat untuk menjadi penumpangnya memang tidak mudah. Bukan hanya janji berkat dan janji masuk surga, melainkan panggilan untuk bertobat dan mengenakan gaya hidup yang baru.

Dalam hal ini orang percaya yang benar adalah orang yang membangun bahtera yang benar, yang memang tidak diminati banyak orang. Bahtera di sini bisa menunjuk kehidupan rohani atau watak kepribadian anak-anak Tuhan. Allah Bapa menghendaki agar watak kepribadian orang percaya diatur atau di-setting— dibentuk dan diisi—oleh Allah sendiri. Ingat, bahwa bukan orang yang berseru kepada-Nya “Tuhan, Tuhan” akan masuk ke dalam Kerajaan Surga, tetapi mereka yang melakukan kehendak Bapa (Mat. 7:21). Berarti dalam hal ini ukurannya adalah kehendak Bapa; apabila tidak sesuai dengan kehendak Bapa, berarti tidak diperkenankan masuk kerajaan-Nya.

Apa yang menjadi ukuran perkenanan memang adalah pengaturan watak yang tidak wajar atau tidak umum di mata manusia. Tetapi orang percaya harus tetap tekun membangun bahtera yang unik tersebut, yaitu watak kepribadian yang diinginkan oleh Allah Bapa. Kita harus berani menggali terus kebenaran Injil yang berkuasa menyelamatkan kita. Hanya Injil yang memuat petunjuk membangun bahtera kehidupan kita. Walaupun Injil yang diberitakan tidak disukai manusia, dalam integritas yang kokoh, sebagai hamba Allah kita tetap harus mengenakannya dan memberitakannya.

Bahtera yang benar adalah kehidupan rohani atau watak kepribadian yang

dibentuk dan diisi oleh Allah sendiri.


One Response to “Bahtera yang Benar”

  • Saya adalah jemaat Rehobot sampai minggu pertama Januari 2011 setelah itu saya tingal di Amerika bersama keluarga untuk jangka waktu yg belum tau sampai kapan, saya belajar banyak kebenaran dari renungan the truth dan mp3 dan sangat tertarik dan selalu menantikan seta mengikuti kebenaran yang disampaikan pak Erastus tetapi saya semakin ingin mendapatkan khotbah2 pak Erastus yang biasanya saya download dari podcast meskipun selama ini saya mengulang2, terima kasih Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

*

March 2017
M T W T F S S
« May    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email