Truth, 1 Juli 2009 “Pilih Salah Satu”

Mind Map Pilih Salah Satu

Mind Map Pilih Salah Satu

(Diambil dari Renungan Truth – Rehobot Ministry) Dalam hidup ini hanya ada satu pilihan di antara dua kemungkinan, yaitu kehidupan yang didasarkan pada filosofi pertama “aku ada karena Tuhan dan bagi Tuhan” dan yang kedua adalah “aku ada karena aku ada dan bagi diriku sendiri”. Ini adalah hukum kehidupan. Setiap orang akan jatuh pada salah satu pilihan tersebut, dan tidak akan dapat menghindarinya. Sungguh malang kalau banyak manusia tidak memahami hukum kehidupan ini. Bila seseorang memilih opsi pertama, kesadaran ini dapat menciptakan gaya hidup berkualitas tinggi. Tetapi kalau seseorang tidak memahami kebenaran ini, maka sekalipun ia kaya raya, berkedudukan dan berpendidikan tinggi, terkenal dlsb, maka hidupnya tidak berkualitas sama sekali, sebab ia pasti jatuh pada opsi kedua.

Mengenai hal ini Tuhan Yesus telah berkata tegas “kamu tidak dapat mengabdi kepada 2 tuan”, atau “kamu tidak dapat menjadi budak dua majikan”. Memang jarang – atau hampir tidak ada- orang beragama dan ber Tuhan yg mengaku menyembah dan mengabdi kepada iblis secara langsung. Tetapi ketika seseorang melandaskan hidupnya kepada filosofi kedua yaitu “aku ada karena aku ada dan bagi diriku sendiri”, maka ia menjadikan dirinya sendiri sebagai majikan; berarti ia telah menjadikan dirinya budak kuasa kegelapan. Orang ini mengangkat dirinya sendiri sebagai tuhannya.

Setiap orang harus memilih salah satu di antaranya, tidak boleh memilih keduanya. Jika seorang menunda menetapkan pilihan atau tidak berniat memilih salah satu, berarti ia memilih yang kedua. Ternyata tidak sedikit orang kristen yang menunda atau mengulur waktu menetapkan pilihan. Penundaan ini sangat berbahaya, sebab kuasa kegelapan secara berkesinambungan dan intensif menuntun orang-orang tersebut untuk tidak akan bisa lagi dikendalikan oleh Tuhan. Akhirnya mereka hidup dalam kekuasaan atau dominasi kuasa kegelapan selamanya. Cara iblis mendominasi seseorang sangat sistematis dan cerdas, dari penguasaan sedikit sampai penguasaan seluruh kehidupna secara besar dan kuat. Dalam hal ini Paulus menasehati kita “Janganlah memberi kesempatan kepada Iblis” (Ef 4:27).


One Response to “Truth, 1 Juli 2009 “Pilih Salah Satu””

  • Peters M. Sofyan:

    Banyak orang memilih pada pilihan kedua tanpa sadar. Pilihan kedua ini mirip dengan perkataan filosof Descartes yg terkenal itu : “aku ada karena aku berfikir ada”. Pernyataan Descartes ini ternyata tidak pas. Karena dengan banyak dan derasnya pikiran di kepala, manusia terjerumus kedalam KETIDAKSADARAN krn manusia mengidentikkan ‘diri’-nya dengan pikiran. Kebanyakan mereka tdk bisa membedakan antara “berfikir” dan “sadar befikir”.

    Oleh karena manusia tdk sadar berfikir, maka pikirannya menguasai ‘diri’-nya shg pikirannya berjalan liar–tidak dikuasai oleh kesadarannya. Karena ketidaksadaran itu, pikiran berlari membentuk EGO dengan manifestasi dalam bentuk KEKHAWATIRAN/KETAKUTAN dan KEINGINAN. Ketakutan dan keinginan inilah yg menyebabkan lupa akan TUHAN…yang berujung meng-idolakan EGO-nya atau menuhankan PIKIRAN-nya. Intinya bisa di lihat di Injil MATIUS 4-8….

Leave a Reply

*

March 2017
M T W T F S S
« May    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email