Truth 10 Agustus 2009 “Gambaran Yg Salah”

Mind Map Gambaran Yang Salah

Mind Map Gambaran Yang Salah

(Diambil dari Renungan Truth Rehobot Ministry – Dr. Erastus Sabdono) Keraguan tehadap pribadi Tuhan didasarkan pada gambaran yang salah tentang-Nya, yang dibangun dari konsep agama-agama purba yang menyusup dalam teologia Kristen. Di dunia ini terdapat banyak agama dan keyakinan terhadap berbagai dewa-dewa dan ilah. Agama-agama tersebut terbangun oleh budaya, bukan karena wahyu dari “atas”. Melalui perjalanan waktu, suatu masyarakat membangun citra mengenai dewa yang melalui perjalanan waktu berabad-abad menjadi suatu keyakinan yang kuat, seolah-olah sang dewa benar ada. Gambaran dewa-dewa tersebut pasti tidak sama dengan Tuhan Semesta Alam. Gambaran mengenai dewa inilah yang merasuk alam pikiran Kristen (Yes. 40:18-20). Orang Kristen yang berasal dari keyakinan nenek moyang harus mengubah konsepnya mengenai Tuhan yang salah tersebut dengan belajar Alkitab secara memadai. Kadang-kadang gereja tidak teliti, sehingga konsep mereka belum sempat diubah; apalagi kalau mereka orang kuat dalam pendidikan, ekonomi, pangkat, kekuasaan dan lain sebagainya. Gereja menganggap bahwa mereka sudah cukup mengerti akan Tuhan yang benar.

Masyarakat Kristen yang tinggal ditengah-tengah masyarakat non-Kristen sangat mungkin cenderung terpengaruh oleh agama mayoritas. Akibatnya, gambaran mengenai Tuhan didalam pikirannya adalah pengaruh teologia agama lain, bukan berdasarkan Alkitab. Apalagi kalau agama disekitarnya seakan-akan memiliki kesamaan dengan teologia Alkitab, misalnya allah mereka juga digambarkan sebagai penyayang dan penuh kasih. Betapa celakanya kalau seorang Kristen mengimpor gambaran mengenai dewa-dewa atau allah agama lain tersebut dan mengenakannya bagi Tuhan kita.

Dalam agama lain, gambaran mengenai dewa atau allah mereka disamakan dan mirip-mirip dengan manusia, yaitu: Tuhan yang garang, haus kekuasaan dan kehormatan; harus dipuji-puji; harus ditaati sedemikian rupa; kalau tidak ditaati, akan menghukum atau mengutuk; memberikan penentuan takdir secara absolut dan bersifat sewenang-wenang; dan lain sebagainya. Ternyata gambaran mengenai Tuhan yang ada didalam pikiran banyak orang Kristen lebih banyak terpengaruhi oleh keyakinan masyarakat purba dan agama lain daripada Alkitab. Gambaran yang salah mengenai Tuhan inilah yang merusak cara berpikir orang Kristen, sehingga dalam menjalani hidup ini selalu dilanda kekhawatiran. Kalau kita mengenal dengan benar Tuhan kita dari Alkitab, maka kekhawatiran hidup pasti lenyap. Ia pribadi yang sangat baik, dalam kebaikan yang sempurna. Oleh sebab itu kenalilah Tuhanmu dengan baik (2Ptr. 3:18).


Leave a Reply

*

January 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email