Truth 11 Agustus 2009 “Penggalian Yang Tak Boleh Berhenti”

Mind Map Penggalian Yg Tak Boleh Berhenti

Mind Map Penggalian Yg Tak Boleh Berhenti

(Diambil dari Renungan Truth Rehobot Ministry – Dr. Erastus Sabdono) Faktanya, banyak remaja dan pemuda Kristen yang memiliki gambaran yang salah mengenai Tuhan. Mereka lebih dipengaruhi oleh konsep agama lain hasil serapan dari pergaulan dan media elektronik maupun cetak. Namun gambaran yang salah mengenai Tuhan juga bisa dibangun dari pengalaman hidup yang dialami seseorang. Jika seseorang pernah mendapat perlakuan yang tidak sepantasnya dari orang-orang yang seharusnya mengasihi dirinya, terutama dari orangtuanya, gambaran mengenai orangtua tersebut mungkin dikenakannya untuk Tuhan. Hal ini berlangsung dalam dirinya tanpa disadari. Dalam pikirannya, Tuhan itu galak, menuntut, tidak toleransi, gampang marah, dan lain sebagainya. Mengubah gambaran yang salah ini tidak mudah, sebab pengalaman bertahun-tahun yang dialami oleh orang tersebut telah mengakar dan menjadi luka batin yang dalam. Hal ini tidak akan membangun hubungan yang harmonis dengan Tuhan. Hidupnya pasti ditekan oleh kekhawatiran dan kecemasan.

Kadang-kadang dari isi kalimat doanya tampak pula prasangka buruknya terhadap Tuhan. Misalnya, dalam doa terdengar ucapan, “Ya Tuhan, jangan tinggalkan kami”, “Jangan hukum kami”, “Jangan lepaskan pegangan-Mu dari tangan kami”, “Jangan lupakan kami”. Terdapat lagu-lagu sekuler, lagu-lagu agama lain, bahkan lagu-lagu rohani Kristen yang memuat kata-kata seperti itu. Tanpa disadari, kata-kata itu terekam dan terpatri dalam sanubari orang percaya sehingga semakin menambah kesalahan pada gambaran mengenai Tuhan

Tentu kebenaran ini tidak bisa atau belum bisa dipahami oleh semua orang Kristen. Terdapat orang-orang Kristen baru yang belum mengenal Tuhan dengan benar, sehingga masih menyamakan Tuhan kita dengan allah yang mereka kenal sebelum menjadi Kristen. Tetapi mereka harus dibimbing untuk menggali Alkitab dan serius mengadakan penyelidikan terhadap apa yang diajarkan Alkitab mengenai Tuhan yang benar (Ef. 1:17)

Betapa menyedihkan kalau ada orang-orang Kristen yang sudah berpuluh-puluh tahun menjadi orang Kristen tetapi masih berpikir salah mengenai Tuhan dalam Alkitab. Hal ini disebabkan karena mereka merasa sudah mengenal Tuhan, hanya karena dapat memanggil Tuhan Yesus Kristus. Padahal yang penting bukan nama Tuhan itu sendiri, tetapi yang harus dikenali adalah pribadi-Nya melalui pendalaman Alkitab yang tidak pernah berhenti, sebab Tuhan adalah Allah yang tidak terbatas. Bagaimanapun, hanya Alkitablah yang dapat menampilkan Tuhan yang benar (2Tim. 3:16).


Leave a Reply

*

January 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email