Truth 13 Juli 2009 “Buku Petunjuk yang Palsu”

Mind Map Buku Petunjuk yang Palsu

Mind Map Buku Petunjuk yang Palsu

(Diambil dari Renungan Truth – Rehobot Ministry)  Injil adalah buku petunjuk mengenai bagaimana hidup sebagai anak-anak tebusan yang telah dibeli dengan darah Yesus dan menjadi anak-anak Tuhan dengan pola tindak dan pola kehidupan yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Selama tiga setengah tahun Tuhan Yesus memberitakan Injilnya, artinya Tuhan memberi penjelasan bagaimana mengoperasikan hidup manusia yang sebenarnya. Buku petunjuk ini tidak sederhana. Kita harus berusaha untuk memahami secara mendalam dan lengkap. Disinilah kualitas hidup seseorang ditentukan. Apa yang diajarkan Tuhan Yesus adalah “terang manusia” (Yoh. 1:4), artinya dengan memahami apa yang diajarkan Tuhan Yesus maka seseorang bisa menempatkan diri bagaimana seharusnya menjalani hidup ini. Bayangkan, kalau sebuah mesin atau alat elektronik dioperasikan dengan menggunakan buku petunjuk yang palsu, betapa konyol. Mesin atau alat elektronik yang mahal itu akan rusak dan besar keugiannya. Manusia lebih bernilai dari segala mesin dan alat elektronik. Kalau manusia sampai rusak, tak terbayangkan betapa besar kerugiannya. Untuk ini Tuhan Yesus rela dalam penderitaan, bahkan menghadapi kematian yang keji di kayu salib demi keselamatan kita.

Sebagai akibat dari buku petunjuk yang palsu, manusia bukan saja tidak bisa beroperasi seperti yang dikehendaki oleh Tuhan Sang Pencipta manusia itu sendiri, tetapi juga membuat manusia menjadi makin rusak. Inilah cara iblis menuai manusia untuk menjadi anggota kerajaan kegelapan. Inilah penggembalaan oleh gembala yang jahat, yang mencuri dan menggiring domba-domba ke pembantaian (Yoh. 10:10). Harus disadari bahwa Iblis berusaha terus-menerus menggiring manusia agar masuk perangkapnya. Iblis sangat cerdas. Jadi tanpa pimpinan Roh Kudus dan pemahaman Firman Tuhan yang orisinal, kita pasti tertipu.

Pada umumnya, gaya hidup manusia ditentukan atau sangat dipengaruhi olah lingkungannya. Gaya hidup dunia yang fasik ini merupakan buku petunjuk yang menggiring manusia masuk ke dalam gaya hidup yang tidak dikehendaki oleh Tuhan. Kalau keadaan ini berlarut-larut, tidak dihentikan segera maka seseorang akan makin rusak dan mungkin tidak pernah dapat diperbaiki lagi. Sekarang setelah menjadi anak Tuhan dengan percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, kita harus mempelajari Injil untuk menemukan bagaimana seharusnya kita hidup. Proses pembelajaran ini harus berlangsung dengan serius secara berkesinambungan. Akhirnya, diharapkan jemaat Tuhan menggunakan akal sehatnya dan hati nuraninya untuk membedakan mana “Truth” yang orisinal, mana yang dusta.


Leave a Reply

*

January 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email