Truth 16 Juli 2009 “Membuktikan Bahwa Ia Berasal dari Atas”

Mind Map Membuktikan Bahwa Ia Berasal dari Atas

Mind Map Membuktikan Bahwa Ia Berasal dari Atas

(Diambil dari Renungan Truth – Rehobot Ministry) Menjawab keragu-raguan Yohanes Pembaptis terhadap diri-Nya apakah Yesus adalah Mesias (Mat. 11:3), Tuhan Yesus menyuruh murid-murid Yohanes menyampaikan pesan-Nya, “Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat: orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.” (Mat. 11:4-5) Yang menarik disini, Tuhan Yesus menunjukkan tanda-tanda ajaib yang dilakukan-Nya. Apakah Ia bermaksud meninggikan diri disini? Tentu tidak. Sekalipun yang terjadi dalam pelayanan-Nya spektakuler di mata manusia, bagi Tuhan itu bukan hal yang luar biasa. Tuhan Yesus hanya hendak membuktikan bahwa Ia berasal dari Atas. Ia tidak ingin Yohanes menjadi kecewa dan menolak-Nya (Mat. 11:6).

Tanda-tanda ajaib itu harus dilakukan Yesus untuk membuktikan di depan mata umat Israel bahwa Ia diutus oleh Bapa. Ini dapat dilihat dalam percakapan Tuhan Yesus dengan pemimpin agama Yahudi, Nikodemus: “Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya.” Kalau Yesus tidak menunjukkan perbuatan ajaib, orang-orang Yahudi tidak akan mendengar pengajaran-Nya; sebab mereka mengenal-Nya sebagai anak tukang kayu dari Nazaret, dan saudara-saudara-Nya pun ada di antara mereka.

Maka dapat ditarik pelajaran rohani, bahwa mujizat kesembuhan yang dilakukan Tuhan Yesus bukanlah tujuan. Ada hal yang lebih berharga dari berkat jasmani itu, yaitu keselamatan jiwa yang membawa manusia kedalam Kerajaan-Nya. Umur manusia hanya sampai 70 tahun atau 80 tahun, setelah itu semua lenyap; apa artinya? Tetapi kebenaran Tuhan Yesus yang mengubah gaya hidup, akan membuat mereka layak menjadi anak-anak Bapa di Surga untuk mewarisi Kerajaan Surga. Inilah berkat kekal yang tiada taranya, yang tidak dapat diberikan oleh siapapun kecuali oleh Sang Juru Selamat sendiri. Oleh sebab itu maksud utama keselamatan dalam Yesus Kristus jangan diselewengkan. Kalau kita sudah mempercayai bahwa Yesus Kristus adalah Juru Selamat yang berasal dari atas, kita tidak membutuhkan pembuktian lagi dengan mukjizat (ini bukan berarti kita tidak percaya mujizat atau berpendapat bahwa jaman mujizat telah berlalu). Yang kita butuhkan adalah memahami kebenaran-Nya dan bertanggung jawab melakukan kehendak Tuhan; di dalamnya termasuk menjaga kesehatan tubuh yang adalah bait Roh Kudus agar sehat untuk pekerjaan-Nya.


Leave a Reply

*

March 2017
M T W T F S S
« May    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email