Truth 17 Juli 2009 “Kepada Orang Miskin”

Mind Map Kepada Orang Miskin

Mind Map Kepada Orang Miskin

(Diambil dari Renungan Truth – Rehobot Ministry) Mengapa dalam Mat. 11:5 Tuhan Yesus berkata, “Kepada orang miskin diberitakan kabar baik?” Mengapa kepada orang miskin? Mengapa tidak dikatakan kepada semua orang? Apakah orang kaya tidak mendapat bagian berita baik atau Injil Kerajaan Surga? Dalam pernyataan-Nya ini terdapat kebenaran yang sangat penting.

Pertama, keselamatan dalam Yesus Kristus – yang menjadikan seseorang warga Kerajaan Sorga – diberikan kepada orang-orang yang sungguh-sungguh membutuhkan. Dalam Luk. 2:14, berita kelahiran Tuhan Yesus dinyanyikan oleh para Malaikat yang berbunyi: “Damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.” Mengapa dikatakan di antara manusia yang berkenan kepada-Nya? Ternyata berita ini bukan untuk semua orang; ini ditujukan kepada orang yang sungguh-sungguh membutuhkan-Nya. Contohnya orang-orang Majus dari Timur, yang notabene bukan orang miskin. Mereka meninggalkan kampung halaman, berkorban harta dan bertaruh nyawa demi menyembah Raja orang Yahudi yang dilahirkan (Mat. 2:1-13). Demikian pula gembala-gembala di padang Efrata meninggalkan domba-domba gembalaannya untuk menjumpai bayi yang dilahirkan di Betlehem (Luk.2). Bandingkan dengan penduduk Yerusalem yang hanya gempar tetapi tidak beranjak mencari Raja Yahudi itu, juga ahli-ahli kitab yang mengerti benar bahwa Mesias dilahirkan di kota Betlehem, tetapi mereka tidak bergeming sama sekali ikut “hunting” bersama orang Majus.

Kedua, orang miskin memiliki kecenderungan dapat digiring mewarisi Kerajaan Surga. Orang kaya cenderung sombong dan tidak membutuhkan dunia lain sebab mereka sudah nyaman di bumi ini. Tetapi orang miskin ada kecenderungan rendah hati, mau dibentuk, dinasehati, diajar dan dibina serta berkecenderungan pesimis menghadapi hidup hari ini sehingga lebih bisa diajak berpengharapan menantikan langit baru bumi baru.

Tuhan bukan mau jual mahal atau pelit, tetapi Ia tegas sekali menunjukkan bahwa kalau seseorang tidak sungguh-sungguh merasa membutuhkan Tuhan dan tidak rendah hati untuk diubah, maka ia tidak akan mendapat bagian sama sekali dalam Kerajaan Surga. Yesus berkata bahwa hanya orang yang miskin di hadapan Tuhan – artinya merasa tidak berdaya sama sekali – yang memiliki Kerajaan Surga (Mat. 5:3). Selanjutnya hanya orang-orang yang haus dan lapar akan kebenaran yang akan dipuaskan (Mat. 5:6) dan hanya orang-orang yang rendah hati akan ditinggikan (Mat. 23:12); tetapi orang sombong ditentang Tuhan (1 Ptr 5:5).


Leave a Reply

*

January 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email