Truth 18 Agustus 2009 “Mengabdi Kepada Tuhan”

Mind Map Mengabdi Kepada Tuhan

Mind Map Mengabdi Kepada Tuhan

(Diambil dari Renungan Truth Rehobot Ministry – Dr. Erastus Sabdono) Pelayanan tanpa batas tidak dibatasi oleh cara, berarti bukan hanya kegiatan yang berbau gereja atau yang selama ini disebut sebagai kegiatan rohani. Pelayanan bukan hanya di sekitar gereja, seperti berkhotbah, memimpin puji-pujian, menjadi staf pengurus gereja, guru sekolah Minggu dan lain sebagainya. Segala kegiatan yang dilakukan demi kepentingan atau keuntungan Tuhan sehingga memuaskan dan menyenangkan hati-Nya adalah pelayanan (1Kor. 10:31).

Pelayanan dapat dilakukan oleh siapapun tanpa membedakan status – pria/wanita, kaya/miskin, berbagai suku dan golongan. Pelayanan bukanlah monopoli pejabat yang disahkan sinode sebagai pejabatnya. Sebagai akibat salah konsep ini muncul “malaikat-malaikat”, bahkan “mesias-mesias” modern. Tempat Tuhan sering digantikan oleh orang-orang yang mengaku sebagai hamba Tuhan yang telah diberi mandat Tuhan menjadi mediator antara umat dan Allah.

Dalam pelayanan, yang penting adalah siapakah yang menerima pelayanan kita? Tentu jawabnya mudah yaitu Tuhan. Pertanyaannya, apakah semua yang kita lakukan benar-benar ditujukan bagi Tuhan? Sebab banyak orang tidak jujur dengan dirinya sendiri. Mulut mengatakan “melayani Tuhan”, padahal sebenarnya ia melayani dirinya sendiri. Ini terjadi karena ia belum bisa menyalibkan dirinya sendiri, belum menurunkan dirinya dari takhta kehidupan, dimana “hidupku bukan aku lagi, tetapi Kristus yang hidup di dalam aku” (Gal. 2:20). Pelayanan yang benar hanya dapat dilakukan oleh mereka yang benar-benar telah menyadari bahwa tujuan hidup ini satu-satunya adalah mengabdi kepada Tuhan (Flp. 1:21).

Oleh sebab itu, pelayanan yang benar harus dimulai dari kerinduan yang sungguh-sungguh untuk melakukan segala sesuatu untuk kepentingan pekerjaan Tuhan, sehingga hati Tuhan dipuaskan dan disenangkan. Ini harus dipelajari dalam perjalanan hidup dari hari ke hari, sampai suatu saat kita mengerti apa artinya hidup menghamba kepada Tuhan.

Pelayanan harus dimulai dari diri sendiri, yaitu mengasihi diri sendiri seperti Tuhan mengasihi dirinya. Kemudian, berkembang menjadi mengasihi orang lain disekitarnya seperti mengasihi diri sendiri: dari pasangan hidup, anak, orang tua, mertua, keluarga besar, pembantu rumah tangga dan sopir kita dan setiap orang yang kita jumpai. Sebab Tuhan mengasihi mereka dan Tuhan mau menyelamatkan dan memberkati mereka.


Leave a Reply

*

January 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email