Truth 20 Agustus 2009 “Kesehatan Pelayan Tuhan”

Mind Map Kesehatan Pelayan Tuhan

Mind Map Kesehatan Pelayan Tuhan

(Diambil dari Renungan Truth Rehobot Ministry – Dr. Erastus Sabdono) Dulu ketika saya membaca suatu tulisan berbunyi “Kesehatan adalah bagian dari iman”, saya berpikir itu berlebihan. Menurut saya pada waktu itu, kesehatan adalah masalah jasmani atau fisik, tidak ada sangkut-paut dengan kehidupan rohani. Lagipula Firman Tuhan mengatakan bahwa darah dan daging tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Surga (1Kor. 15:50). Tetapi sekarang saya berpikir lain: kesehatan bagian dari iman. Kesehatan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan iman. Orang yang memisahkan keduanya pasti tidak mengenal kebenaran Alkitab.

Orang yang tidak menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik, satu kali akan menderita sakit. Ini pasti akan mengorbankan dana yang tidak sedikit. Salah satu contohnya, uang yang seharusnya dapat digunakan untuk pendidikan anak-anak terpaksa digunakan untuk pengobatan, sehingga anak-anak gagal studi. Seharusnya anak-anak dapat menjadi pengawal-pengawal Kerajaan Sorga, tetapi karena tidak memiliki pendidikan dan lingkungan yang baik, mereka cenderung bergaul dalam pergaulan yang buruk dan merusak masa depan, seperti keterlibatan dengan alkohol dan narkoba. Orang yang sakit bukan saja tidak efektif untuk segala kegiatan hidup, tetapi juga menjadi beban dan mendatangkan kesusahan bagi orang lain. Orang yang tidak sakitpun jadi “sakit” lantaran orang-orang yang sakit ini.

Jadi, kalau mau menjadi pelayan Tuhan yang efektif, kita harus menjaga kesehatan dengan baik. Menjaga kesehatan memang bukan hal yang mudah, terutama bagi yang telah terbiasa memiliki pola hidup yang rusak (makan sembarangan, tidak olah raga secara teratur, tidak tidur teratur, selalu mengonsumsi obat dan lain sebagainya). Tetapi kalau dipersenjatai dengan pikiran bahwa kita dapat melayani Tuhan dengan baik kalau kita sehat, kita akan dapat lebih terdorong untuk menjaga kesehatan. Dengan demikian, olah raga, menjaga pola makan yang baik, pola istirahat yang baik adalah pelayanan bagi Tuhan. Hal ini kita lakukan bukan untuk kepentingan diri kita sendiri, tetapi untuk kepentingan Tuhan. Kematian dini seorang anak Tuhan merupakan kerugian bagi pelayanan pekerjaan Tuhan.

Tubuh kita harus menjadi bait Roh Kudus, tempat dan sarana dimana Tuhan dipermuliakan (1Kor. 6:19-20). Tubuh kita harus dijagai demi kemuliaan nama-Nya, pekerjaan Tuhan, menjaga bait Tuhan yang sangat dibutuhkan bagi kemajuan pelayanan pekerjaan Bapa.


Leave a Reply

*

January 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email