Truth 20 Juli 2009 “Ladang Sudah Menguning”

Mind Map Ladang Sudah Menguning

Mind Map Ladang Sudah Menguning

Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai. (Yoh. 4:35)

(Diambil dari Renungan Truth – Rehobot Ministry) Tuhan Yesus berbicara mengenai hal ladang yang sudah menguning ketika menggarap seorang perempuan Samaria yang cara dan gaya hidupnya akan membawanya ke dalam kerajaan kegelapan. Perempuan ini diperingatkan-Nya agar cara dan gaya hidupnya berubah, dari seorang pendosa menjadi wanita yang agung dengan cara hidup yang baru. Ladang disini adalah dunia sekitar kita yang dihuni oleh orang-orang yang memiliki cara dan gaya hidup yang menggiring mereka kepada kegelapan atau api kekal. Ladang sudah menguning. Tentu yang menguning bukan ladangnya tetapi gandumnya. Ini menunjuk pada keadaan seseorang yang mudah diajar dan diubahkan. Harus diperhatikan bahwa yang diubahkan adalah cara dan gaya hidupnya, bukan sekedar menjadikan mereka sebagai anggota gereja.

Dewasa ini dunia menjadi seperti ladang yang sudah menguning. Banyak orang siap dibawa kepada Tuhan. Fakto-faktor yang mendukung suasana kondusif ini adalah berbagai krisis kehidupan yang melanda dunia: ekonomi, politik, sosial, moral, krisis keamanan yang bisa membawa manusia kepada perang secara regional maupun dunia global, krisis kesehatan dan epidemi penyakit dan ekosistem bumi yang sudah rusak. Ini mencemaskan hati banyak orang tua terhadap moral anak-anak mereka. Tidak sedikit anak muda yang rusak karena pergaulan bebas, narkoba dan sebagainya. Banyak rumah tangga yang hancur.

Kenyataannya, pemimpin-pemimpin dunia sering gagal menyejahterakan masyarakat. Ini membuat banyak orang pesimis menyongsong hari depan. Kondisi ini mendorong banyak orang berpaling kepada Tuhan. Tuhan diperhitungkan sebagai solusi dari berbagai masalah hidup yang makin berat, karena itu banyak orang berbondong-bondong mulai tertarik ke gereja. Kondisi ini menciptakan ladang yang menguning dan yang siap dituai. Tetapi yang terpenting dalam penuaian ini bukan memanfaatkan mereka yang datang ke gereja untuk menjadi anggota gereja dan dimanfaatkan untuk visi-visi duniawi pendeta, tetapi perubahan mind set mereka untuk menjadi warga Kerajaan Surga. Dalam suasana ini kita dipanggil untuk bekerja lebih giat membawa jiwa-jiwa kedalam Kerajaan surga.


One Response to “Truth 20 Juli 2009 “Ladang Sudah Menguning””

  • abraham:

    ini lah yang seharusnya menjadi tujuan akhir setiap orang yang percaya kepada Tuhan, apapun jalan hidup yang ditempuhnya. matius 28:19-20

Leave a Reply

*

January 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email