Truth 21 Juli 2009 “Siapa yang Menabur”

Mind Map Siapa yg Menabur

Mind Map Siapa yg Menabur

(Diambil dari Renungan Truth – Rehobot Ministry) Bapa di Surga memberi makan burung-burung di langit (Mat. 6:26). Apakah Bapa menabur benih dan menuai serta membagikannya kepada burung-burung?. Kenyataannya, yang menabur benih adalah manusia dan yang menuai adalah manusia. Burung-burung di langit, burung yang keluar dari sarangnya mematuk butir-butir gandum yang berceceran. Disini kita menangkap suatu pelajaran yang berharga.

Pertama, Tuhan dinyatakan sebagai sumber berkat. Tuhan yang memberi benih kepada manusia dan kekayaan mineral yang tidak terbatas di tanah yang diusahakan manusia. Tuhan adalah pemilik alam semesta ini, yang berhak menyatakan bahwa semua yang hidup di dunia hidup dari pemberian tangan-Nya yang Mahamurah. Ini akan menggerakkan semua makhluk, terutama manusia untuk mengagungkan nama-Nya dan mempersembahkan segala sesuatu bagi kemuliaan nama-Nya.

Kedua, Tuhanlah yang akan memberi pertumbuhan kepada semua yang hidup, termasuk tumbuh-tumbuhan yang menjadi sumber nafkah dan kehidupan manusia. Tuhan memberikan kebutuhan oksigen yang berlimpah dan sinar matahari yang sangat berdayaguna. Manusia tidak dapat mengklaim dapat menghidupi dirinya dengan kekuatannya sendiri tanpa campur tangan Tuhan. Tuhan yang menciptakan langit dan bumi adalah Tuhan yang tidak pernah meninggalkan perbuatan tangan-Nya. Dia adalah Tuhan yang setia. Tanpa providensia atau pemeliharaan Tuhan, tidak akan ada kehidupan di bumi ini. Dalam hal ini manusia tidak dapat sombong dan menepuk dada (Maz. 127:1)

Ketiga, manusia diberi tanggung jawab untuk kelangsungan kehidupan makhluk lain. Manusia adalah “penguasa” bumi yang menerima mandat mengelola kehidupan dengan tanggung jawab (Kej. 1:28). Disini manusia menjadi mandataris Tuhan untuk melakukan pemerintahan-Nya. Manusia tidak boleh sewenang-wenang dalam menggunakan kekayaan bumi ini. Kekayaan bumi yang dipercayakan Tuhan kepada manusia memuat tanggung jawab yang harus dipikul manusia dalam pengelolaannya. Kerusakan ekosistem bumi dan alam hari ini yang menyebabkan banyak tragedi (banjir, pemanasan global dan lain sebagainya) adalah akibat kesalahan manusia sendiri. Manusia mendatangkan bencana bukan saja bagi dirinya sendiri tetapi juga bagi makhluk lain.


Leave a Reply

*

January 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email