Truth, 3 Agustus 2009 “KehendakMulah Yg Jadi”

Mind Map KehendakMulah Yang Jadi

Mind Map KehendakMulah Yang Jadi

(Diambil dari Renungan Truth Rehobot Ministry – Dr. Erastus Sabdono) Ketika Tuhan membela pekerjaan-Nya sendiri, terjadilah kelimpahan berkat bagi manusia yang memberi diri sebagai sekutu-Nya. Kelimpahan berkat disini tentunya bukan hanya menyangkut pemenuhan kebutuhan jasmani tetapi segala sesuatu yang dapat membahagiakan manusia, terutama kemuliaan bersama dengan Tuhan di Kerajaan-Nya. Memberi diri menjadi sekutu Tuhan harus dengan sikap dan tindakan mengakui bahwa Tuhan adalah satu-satunya Pencipta dan Pemilik kehidupan ini. Pengakuan dan penerimaan dengan sikap dan tindakan adalah satu-satunya jalan kepada kehidupan yang berkelimpahan.

Kalau Tuhan membela manusia – maksudnya memenuhi kepentingan dan keinginan manusia itu sendiri – maka manusia itu akan berakhir pada kehancuran, sebab keinginan manusia telah dicemari oleh sinful nature (kodrat dosa, Rm. 3:23). Keinginan manusia selalu cenderung kepada egoisme yang mengorbankan sesamanya. Membela manusia yang telah tercemar oleh sinful nature tersebut mengakibatkan Tuhan menjadi berbahaya bagi manusia lain dan ciptaan-Nya yang lain. Tetapi Tuhan tidak melakukan hal ini. Ia tahu manusia yang berdosa tidak pantas dan tidak boleh dibela. Oleh sebab itu Tuhan membela pekerjaan-Nya sendiri. Kehendak-Nya selalu sangat baik, penuh kasih; sempurna bagi semua makhluk ciptaan-Nya (Rm. 12:2)

Kalau manusia ingin memperoleh kesempurnaan, kasih dan keindahan yang sempurna, maka manusia harus meninggalkan hasrat untuk dibela Tuhan, tidak membawa keinginannya kepada Tuhan untuk dipenuhi, tetapi datang kepada Tuhan untuk mengerti kehendak Tuhan dan memenuhi keinginan-Nya semata-mata. Doanya akan berbunyi: “Bukan kehendakku yang jadi, Bapa, tetapi kehendak-Mulah yang jadi.” (Mat. 26:39) Doa ini sangat penting, karena dari kalimat doa ini Tuhan Yesus diantar ke kayu salib guna menerima penderitaan, tetapi memuaskan hati Bapa dan keselamatan umat manusia terwujud. Kehendak Bapa dilakukan dan rencana Bapa untuk menyelamatkan manusia telah digenapi atau dilaksanakan.

Orang yang berusaha mencapai apa yang diingini hatinya sedang mencelakai dirinya sendiri; tetapi ketika ia berhenti membela pekerjaannya sendiri, kemudian membela pekerjaan Tuhan, dengan berusaha mengerti kehendak Tuhan dan melakukannya, berarti ia sedang menyelamatkan dirinya sendiri (Mat. 16:25). Celakanya, hari ini banyak orang berusaha meraih tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, padahal ia sedang mengumpulkan kutuk dan malapetaka dalam kehidupannya sendiri.


Leave a Reply

*

March 2017
M T W T F S S
« May    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email