Truth 5 Juli “Makhluk yang Bertanggung Jawab”

Mind Map Mkhluk yg Bertanggung Jawab

Mind Map Mkhluk yg Bertanggung Jawab

(Diambil dari Renungan Truth – Rehobot Ministry) Tahukah Saudara apa yang dimaksud dengan tanggung jawab itu? Tanggung jawab artinya melakukan tugas atau memenuhi suatu kewajiban dan memikul akibat suatu tindakan dari keputusan dan pilihan tersebut. Kalau kita perhatikan apa yang dikemukakan Alkitab sejak manusia pertama diciptakan, maka begitu manusia tercipta dan mulai membuka mata, Tuhan sudah memberikan tanggung jawab kepada manusia. Ia memerintahkan manusia untuk berkembang biak, beranak cucu. Ini adalah tugas atau mandat prokreasi. Tuhan bukan tidak sanggup menggandakan manusia dalam sekejap menjadi banyak, tetapi Tuhan menjadikan manusia kawan sekerja-Nya untuk penggandaan atau multiplikasi. Selanjutnya Tuhan juga memerintahkan manusia untuk menaklukkan bumi dan menguasainya (Kej. 1:28-29). Manusia juga harus mengusahakan dan memelihara taman atau bumi indah yang Tuhan ciptakan (Kej. 2:15). Walaupun Tuhan sanggup mengelola bumi dan mendandaninya sendiri; tetapi Ia memercayakan tugas ini kepada manusia. Pengelolaan bumi merupakan tugas yang harus dilakukan dan kewajiban yang harus dipenuhi.

Manusia juga menerima suatu realitas, yaitu diperhadapkan antara hidup dan mati. Ketaatan akan membawa manusia kepada kelimpahan Tuhan, hidup dalam persekutuan denganNya di taman Eden; sedangkan pemberontakan akan membawa manusia kepada kematian (Kej. 2:16-17). Ini suatu tanggung jawab. Manusia akan memikul akibat tindakan, keputusan dan pilihannya. Disini manusia menjadi makhluk yang beresiko tinggi. Manusia harus menghadapi surga kekal atau neraka kekal. Fakta ini membuka mata kita semua terhadap realitas hidup ini. Manusia adalah makhluk yang bertanggung jawab. Dengan tanggung jawab ini manusia harus mengerti apakah yang dipercayakan kepadanya atau kewajiban yang harus dipenuhi dan manusia harus memikul akibat tindakan, keputusan dan pilihannya. Tanpa mengerti apa arti tanggung jawab manusia tidak menjadi manusia seperti yang Tuhan inginkan. Tanggung jawab inilah yang membuat manusia bernilai.

Kesadaran terhadap tanggung jawab ini akan membuat seseorang menjadi pribadi yang agung, berprestasi dan pasti berguna bagi sesamanya. Pribadi seperti inilah yang dapat menjadi pelayan Tuhan yang efektif. Tidak ada manusia yang tidak bertanggung jawab yang bisa melayani Tuhan. Tuhan tidak akan memercayakan pelayanan pekerjaanNya yang besar dan kudus kepada manusia yang tidak memilki sikap bertanggung jawab. Oleh sebab itu, hal hidup bertanggung jawab harus diajarkan kepada umat Tuhan sejak mereka masih kanak-kanak.


One Response to “Truth 5 Juli “Makhluk yang Bertanggung Jawab””

  • Peters M. Sofyan:

    Benar, Pak Eras. Sdh ada surveinya atau belum ya, lebih banyak manusia yg bertanggung jawab atau yang tidak? Kalau kita lihat dr PL ketika Adam dan Eva ketika masing2 mereka ditanya Tuhan setelah mereka makan buah itu, masing2 jwbnnya SALING-MENYALAHKAN atau melempar tanggung-jawab….Adam menyalahkan Eva, dan Eva menyalahkan Ular itu. Jadi, manusia cenderung meniru nenek moyangnya….MENYALAHKAN yg lainnya biar dia terlihat BENAR……

    GBU,
    PMS

Leave a Reply

*

January 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email