Truth 7 Juli 2009 “Oleh Bilur-bilurNya”

Mind Map Oleh Bilur-bilurNya

Mind Map Oleh Bilur-bilurNya

(Diambil dari Renungan Truth – Rehobot Ministry) Sering kita mendengar orang mengatakan, “Oleh bilur-bilurNya kamu disembuhkan”. Kesan yang ditimbulkan dari penafsiran kalimat yang dikutip dari 1Ptr. 2:24 dan Yes. 53:5 tersebut adalah: “ Jangan takut virus dan bakteri, jangan takut terhadap darah tinggi, diabetes, stroke, kanker dan berbagai penyakit lainnya”. Ditambah lagi dengan pernyataan bahwa Tuhan sudah memikul sakit-penyakit kita (Yes. 53:4), berarti virus dan bakteri tidak dapat menjangkiti di tubuh orang percaya. Penjelasan ni benar-benar menyesatkan dan merusak kehidupan anak-anak Tuhan. Dari 1Ptr. 2:24, sebetulnya tampak jelas bawa penyakit yang disembuhkan oleh bilur-bilur Yesus adalah penyakit dosa.

Kita tidak meragukan sama sekali kuasa kesembuhan Tuhan; tetapi ini tidak berarti kita boleh ceroboh dan tidak bertanggung jawab mengelola tubuh kita secara maksimal dan benar. Dalam Alkitab kita temukan bagaimana Tuhan begitu ketat memberi perintah kepada umat pilihanNya, yaitu bangsa Israel dalam mengonsumsi makanan. (Im. 11:1-31). Paulus juga menasihati Timotius, anak rohaninya untuk minum anggur sedikit demi kesehatannya (1Tim. 5:23). Perjanjian baru sama sekali tidak mengajarkan bahwa kita boleh mengabaikan kesehatan tubuh kita.

Jika kita tidak mengelola tubuh kita dengan bijaksana, kita pantas khawatir, sebab tidak heran jika kita sakit atau mati muda. Mengelola tubuh menyangkut beberapa hal, antara lain: pola makan yang sehat, olah raga yang teratur, minum air putih yang cukup, sinar matahari pagi yang cukup, emosi yang terkendali, menghindari stress, udara bersih yang cukup dihirup, dan lain sebagainya. Bila kita sudah berusaha semaksimal mungkin menjaga kesehatan (walau tentu tidak sempurna), maka barulah kita boleh tidak khawatir.

Suatu kali seorang hamba Tuhan berkata langsung kepada saya bahwa kita harus berdoa sebelum makan, agar kadar kolestrol di makanan yang kita konsumsi tidak membahayakan lagi untuk tubuh kita. Saya menentang keras pernyataan tersebut. Ini menyesatkan, sebab apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. (Gal. 6:7). Apapun yang kita konsumsi pasti berdampak pada tubuh kita. Lebih baik mencegah daripada mengobati, sebab obat yang sarat bahan kimia pasti mempunyai efek negatif atas tubuh kita. Kebiasaan mengelola tubuh dengan benar dan maksimal akan menghindarkan kita dari penyakit, penderitaan fisik yang menyusahkan banyak orang dan pemborosan harta, serta menghindarkan kita dari mati muda. Kuasa Tuhan tidak menghindarkan kita dari penyakit kalau kita tidak bertanggung jawab atas kesehatan tubuh kita sendiri.


One Response to “Truth 7 Juli 2009 “Oleh Bilur-bilurNya””

  • Peters M. Sofyan:

    Renungan 7 Juli ini terkait sekali dengan renungan 8 Juli diatas : “Do our best, God will do the rest…”

    Gunakan pikiran/nalar kita seoptimal mungkin dengan kesadaran penuh utk menjaga kesehatan…..Ada saatnya kita lelah berfikir,….maka saat itulah Tuhan bekerja…………

Leave a Reply

*

January 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email