Truth 8 Juli 2009 “Sudah Dalam PerlindunganNya”

Mind Map Sudah Dalam PerlindunganNya

Mind Map Sudah Dalam PerlindunganNya

(Diambil dari Renungan Truth – Rehobot Ministry) Kekhawatiran adalah perasaan takut akan adanya suatu keadaan buruk atau malapetaka yang akan menimpa. Jadi semakin seseorang yakin adanya suatu keadaan buruk atau malapetaka semakin besar, kekhawatirannya pun berkembang. Sebagai umat pilihan Tuhan, seharusnya kita tidak perlu meyakini, apalagi merasakan adanya suatu hal yang buruk atau malapetaka yang akan menimpa, sebab segala sesuatu ada dalam kendali Tuhan yang sempurna. Asal kita memenuhi bagian kita, maka segala sesuatu di luar kemampuan kita akan ditanggulangi Tuhan. Dalam hal ini tentu kita harus memenuhi bagian kita terlebih dahulu, barulah Tuhan akan memenuhi bagian-Nya.

Keyakinan atau perasaan terhadap hal-hal buruk yang dapat datang menimpa kehidupan kita menunjukkan ketidakpercayaan terhadap pribadi Tuhan, yang bukan saja baik, tetapi Mahabaik. Ia bukan saja berkuasa, tetapi Mahakuasa. Segala sesuatu dalam kendali-Nya dengan sangat sempurna. Tuhan sangat bertanggung jawab atas kehidupan anak-anak-Nya. Karena segalanya dalam kendali dan monitor Tuhan yang sempura, maka segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita dapat mendatangkan kebaikan. Dalam hal ini kita dapati betapa dahsyat kebijaksanaan dan kecerdasan Tuhan menggarap kita. Hal yang dianggap buruk menurut pertimbangan manusia dapat menjadi kebaikan bagi kita (Rm. 8:28)

Dalam beberapa kesempatan saya mengalami saat-saat yang menegangkan dalam pesawat terbang yang sedang terbang puluhan ribu kaki di atas permukaan laut, yaitu ketika pesawat mengalami kesulitan karena cuaca buruk maupun kerusakan mesin. Pada saat seperti itu tampak raut muka ketakutan banyak orang; masing-masing mulai berdoa sesuai dengan keyakinannya dengan muka pucat. Biasanya pada saat seperti itukita terdorong mohon perlindungan Tuhan, mohon Tuhan menyelamatkan diri kita dan seluruh isi pesawat. Itulah yang saya lakukan dulu; tetapi sekarang tidak lagi. Saya tidak perlu minta perlindungan Tuhan lagi, sebab saya yakin sudah ada dalam perlindungan-Nya. Teriakan minta tolong justru menunjukkan ketidakyakinan bahwa Tuhan sedang beserta dan memang tidak pernah meninggalkan kita. Segala sesuatu yang terjadi di luar kemampuan kita akan ditopang dan ditanggulangi oleh Tuhan. Dia Bapa yang sangat mengasihi kita dan bertanggung jawab. Semua ada dalam kendali-Nya. Saya belajar menjadi tenang, Tidak ada sesuatu yang buruk atau malapetaka dalam hidup ini selama Tuhan menjadi bagian kita (Mzm.27).


One Response to “Truth 8 Juli 2009 “Sudah Dalam PerlindunganNya””

  • Peters M. Sofyan:

    Mengatasi kekhawatiran = do our best + God does the rest.
    Kita sering lupa/tdk sadar tidak melakukan bagian kita, tidak mengeksplor talenta/skill/pengetahuan yg diberikan-Nya sehingga kita tdk memiliki perspektif yg sebenarnya ttg masalah yg kita hadapi. Tapi kita sering ambil jalan pintas–langsung memperbudak Tuhan utk mengatasinya. Ini mungkin diakibatkan keterbatasan nalar, kebiasaan buruk (kemalasan berfikir), atau yg lainnya. Dia pernah berfirman : ” Aku telah sediakan segalanya yg engkau butuhkan, tinggal engkau mengusahakannya/mencarinya…..”

Leave a Reply

*

January 2017
M T W T F S S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Mind Map Sebelumnya
Langganan dg Email